Business

Cukup Sudah Menggunakan Pipa Impor

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan industri di Indonesia khusus minyak dan gas, tidak lagi menggunakan pipa impor luar Negeri."Selama ini kita masih menggunakan pipa impor, enough is enough. Mulai sekarang pipa-pipa buatan Indonesia harus lebih banyak digunakan perusahaan di Indonesia, karena pipa produksi dalam negeri ini memiliki kualitas yang memadai dan telah diekspor ke luar negeri," tegas Luhut dalam suatu acara di Bali belum lama ini.

Untuk itu, katanya, ia akan mengawasi sendiri industri hulu migas Indonesia tentang menggunakan pipa buatan dalam negeri ini. "Ini penting diawasi karena penggunaan produk-produk pipa dalam negeri akan banyak manfaatnya untuk negara seperti membuka lapangan kerja dan ada nilai tambah seperti pajak," tambahnya.

Jika alasannya kulitas produk pipa dalam negeri ada yang kurang spesifikasinya menurut Luhut itu bukan alasan sebab ia yakin industri pipa nasional akan bertambah baik dengan berjalannya waktu.

"Saya memahami perusahaan-peruhaan Migas punya standar yang tinggi. Tapi pabrik pipa di Indonesia sekarang ada empat sekarang ini, mereka semua underutilized. Jadi impor tetap harus dikurangi," tandas Luhut.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Krakatau Steel Sukandar, menyatakan bahwa ia setuju sekali atas ketegasan Plt Menteri ESM Luhut Pandjaitan yang menginginkan industri pipa nasional lebih banyak berperan di Negergi sendiri.

"Tentunya Krakatau Stell dan produsen pipa dalam negeri sangat support ide tersebut dan jangan lagi impor pipa," katanya kepada PetroEnergy hari ini di Jakarta.

Ditambahkannya, saat ini semua produsen pipa dalam Negeri sudah bisa mempoduksi dari mulai slab, hor rolled coil dan plat bahan pipa, fabrikasi pipa plus coating nya. Bahkan pipa spiral welded diameter 80 inchi (2 meter) pun bisa di produksi oleh Krakatu Steel group. "Jenis itu untuk pipa untuk oil and gas, jaringan air dan lain-lain. Jadi kita sudah lengkap dan tak kalah dengan produk impor," kata dia.

"jadi industri migas harus yakin kalau indsutri pipa nasional telah mumpuni. Dan cukup sudah menggunakan pipa impor," tukas dia. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category