Investment

Chevron Hanya Jual Saham Bukan Aset WKP

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan Rida Mulyana menyatakan bahwa salah besar jika dianggap aset wilayah kerja panas bumi (WKP) di Gunung Salak dan Gunung Drajat, Jawa Barat akan dijual oleh Chevron.

"Tidak benar itu. Yang benar adalah hak pengelolaannya atau sahamnya di tersebut yang dijual. Aset seperti pembangkit dan lainnya tersebut dalam ketentuan tetap milik Pertamina sebagai wakil Pemerintah," kata Rida hari ini kepada media di Jakarta, 25 November 2016.

"Jadi sekali lagi yang dijual hanya sahamnya. Namanya pun nanti tidak berubah tetap Chevron Geothermal. Hanya kepemilikan sahamnya saja. Kontraktor baru hanya akan mendapatkan pendapatan atau opportunity revenue saja bukan aset," tambahnya.

Dijelaskannya, saat ini Chevron masih menawarkan ke berbagai pihak untuk menjual sahamnya. Penawaran ini adalah hak Chevron sehingga batas waktu penawaran dan nilai harganya juga tergantung pihak Chevron. "Chevron  punya hak membatalkan lelang. Rencananya keputusan mengenai hasil lelang ini diumumkan pada bulan depan atau paling lambat Januari 2017 nanti," jelas Rida.

Saat ini sudah ada lima perusahaan yang telah berminat untuk membeli saham Chevron tersebut, diantaranya; Pt Star Energy, PT Pertamina, PT Medco Power Indonesia, Marubeni Corporation dan Mitsui and Co. Ltd

Yang penting kata Rida, dalam proses transisi ini Pemerintah memastikan dan mendesak Chevron agar kinerja dua WKP tersebut tetap berjalan seperti biasa. Jadi intinya Chevron harus tetap menghormati kontrak bersama dan tidak bisa mengambil alat-alat dari Pembangkit tersebut.

"Dari sisi tenaga kerja juga harus tetap. Selain itu misalnya tidak bisa minta dirubah PPAnya karena dianggap Chevron harga jualnya kurang bagus. Ini jelas tidak bisa," tegas Rida.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category