Other

Calon Dirut Pertamina Dari Internal Mulai Diseleksi

img title

Jakarta, petroenergy.id – Calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mulai digodok. Dewan Komisaris tersebut mulai melakukan seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan yang  ditinggalkan Dwi Soetjipto. Satu “paket” bersama Soetjipto, ikut “lengser” Wakil Dirut Pertamina Ahmad Bambang.

Kedua pucuk pimpinan Pertamina itu dicopot dari posisinya sejak 3 Februari 2017 lalu. Sebagai pemilik saham Pertamina, pemerintah mempunyai waktu 30 hari sejak pemberhentian Dwi Soetjipto.

Pilihan calon dirut nantinya bisa berasal dari internal. Dalam hal ini akan disodorkan oleh dewan komisaris. Bila berasal dari eksternal, akan ditentukan oleh pemilik saham (pemerintah yang diwakili Kementerian BUMN).

Proses seleksi beberapa nama yang dianggap kompeten oleh Dewan Komisaris, menurut  Edwin Hidayat Abdullah, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sudah mulai dilakukan dalam minggu ini.

 

 “Semua masih dari internal yang sekarang. Ada lima orang,” ungkapnya. Namun, Edwin menolak siapa saja mereka. Ia hanya mengatakan bahwa  anggota direksi saat ini turut serta dalam seleksi tersebut.

Pasca pencopotan kedua pejabat tersebut, saat ini direksi Pertamina terdiri dari tujuh direksi. Ketujuhnya adalah Yenni Andayani, Direktur Gas yang juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Sementara Dirut; Syamsu Alam, Direktur Hulu; Rachmad Hardadi, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia; Arief Budiman, Direktur Keuangan, Dwi Daryoto, Direktur SDM; Toharso, Direktur Pengolahan dan M Iskandar, Direktur Pemasaran.(san*)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category