Oil & Gas

Blok Jambi Merang Siap Di Kelola Pertamina Bulan Depan

img title

Petroenergy.id, Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kinerja di hulu migas, PT Pertamina (Persero) siap mengambil alih kelola dua blok migas terminasi tahun ini. Blok migas itu adalah Blok Jambi Merang dan Blok Raja Tempirai yang berlokasi di Sumatera Selatan. 

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (17/1/2019), mengatakan, terkait blok Jambi Merang, telah dijadwalkan akan melakukan serah terima operator lama ke Pertamina pada 9 Februari 2019 mendatang.

Blok tersebut akan dikelola penuh oleh Pertamina dan hingga kini belum ada keputusan untuk menggandeng mitra kerja sama baik dari lokal maupun asing. Beliau meyakini kedua blok ini turut berkontribusi pada peningkatan produksi migas nasional. Produksi blok Jambi Merang memiliki jumlah yang cukup besar. "Jambi Merang cukup besar, sekitar 80 juta kaki kubik per hari. 4.500 barel per hari kondensat”, Imbuhnya.

Diketahui Untuk Blok Jambi Merang yang akan dikelola PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, nilai komitmen investasi telah ditetapkan mencapai US$293,3 juta dan bonus tanda tangan US$17,3 juta. 

Blok Jambi Merang akan habis kontrak pada 10 Februari 2019.  Blok tersebut terletak di daratan (offshore) Sumatera Selatan. Blok ini dikelola oleh JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang, yang awalnya terdiri dari PHE 50%. Sisanya Talisman 25% dan Pasific Oil and Gas 25%, Namun pada medio 2015 lalu, Repsol mengakuisisi sepenuhnya hak kelola Talisman.

Blok ini memiliki lapangan yakni Sungai Kenawang dan Pulau Gading. Luasnya mencapai 1.028 km2. Setelah kontrak berakhir, rencananya pola pengelolaan blok Jambi Merang juga tidak akan lagi menggunakan Badan Operasi Bersama (Joint Operating Body/JOB). Melainkan berganti dengan skema “Gross Split," [str] Foto: www.jambimerang.com

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category