Global

Berubah Seperti Meksiko

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Kementerian Energi di Meksiko itu dapat melakukan reformasi lebih dari 75 persen dari investasi mereka. Selama dua tahun ini Meksiko telah berubah yang tadinya dianggap tak menarik bagi investasi migas akhirnya menjadi sangat menarik.

Pemerintah Meksiko mengubah tata kelola industri migas dengan membuka peluang perusahaan asing untuk mengelola ladang migas dan mereformasi kebijakan fiskal di sektor hulu. Selama ini pengelolaan hulu dimonopoli oleh BUMN Migas mereka, Pemex. Setelah membuka akses pasar, investasi migas di Meksiko meningkat di tengah harga minyak yang masih rendah. 

"Karena ada leadership dari Presiden dan Menteri, reformasi energi bisa diterima dan berjalan," ujar  Nicole David Palau, Direktur Jenderal Hubungan Investor dan Promosi, Kementerian Energi Meksiko, yang diundang khusus ke diskusi IPA Convex di Jakarta, (17/5) untuk berbagi pengalaman tentang tata kelola migas Meksiko.

Nicole menjelaskan diantara reformasi tersebut  melalui legal frame work yang didukung oleh para legislator di Mexico .Reformasi energi telah melahirkan 3 konstitusi  yang merubah 3 konstitusi sebelumnya yang disetujui oleh 50+1 dalam Federal Kongres legislator. 

Regulasi itu memperkuat peran Pemerintah dalam hal ini Presiden untuk menjalankan reformasi energi. Jadi presiden “bekerja “ berdasarkan arahan dari para legislator.

Ditambahkannya, menurut Hydrocarbon law Mexico, Menteri ESDM Mexico akan menerbitkan model kontrak berbeda  tergantung dalam  lelang areanya. Seperti ; Service Contract, Production Sgaring, Utility Sharing dan Licensing.

Nicole menuturkan bahwa saat ini di Mexico telah ada 15 eksplorasi area didaerah shallwo water (8900km2) di daerah Veracruz, tabasco, dan Campache. Eksplorasi ini memakai sistem PSC .Total investasinya mencapai 11,3 billion USD dengan awarding 19 Juni tahun 2017.

Kemudian ada juga Ekspolrasi dan Produksi di 12 lapangan onshore seluas 5066 km2 dengan sisitem contract license.  Total investasinya mencapai 1,9 billion USD dengan awarding 12 July 2017. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category