Company

Beban Menjadi Tauladan Hemat Energi

img title

Jakarta, PetroEnergy.id--President Direktur PT Energi Manajemen Indonesia (EMI) Aris Yunanto kerap layaknya juru kampanye untuk konservasi energi. Ia mengungkapkan bahwa program konservasi energi dengan Potong 10% adalah usaha konservasi energi yang tidak membutuhkan teknologi dan biaya."Semua orang dan semua lembaga bisa melakukannya," kata Aris seperti dihubungi PetroEnergy Senin 23 Mei 2016 di Jakarta.

Tapi, katanya, jangan dilihat konservasi energi dapat dilakukan dengan sangat sederhana seperti mematikan lampu, alat elektronik dan sebagianya. Konservasi energi berbeda dengan efisiensi energi yang membutuhkan teknologi sederhana dengan biaya rendah, serta energi terbarukan dengan teknologi rumit dengan biaya tinggi.

Selain itu, Aris menyatakan saat ini konsumsi listrik di Indonesia belum efektif dan efisien. Mulai dari sektor rumah tangga, perkantoran, toko, pasar, industri, pemerintah, melakukan pemborosan energi. "Padahal Indonesia bisa melakukan penghematan sampai Rp 160 triliun. Jika memang masyarakatnya mau," katanya.

Aris menuturkan dari sektor industri penghematan bisa mencapai 10-30% atau sekitar Rp 107 triliun dengan cara menambah aditif bahan bakar dan pengelolaan energi yang tidak terpakai.Lalu untuk sektor transportasi bisa mencapai 15-35% atau sekitar Rp 8,5 triliun dengan cara menambah aditif bahan bakar, mengurangi kemacetan dan juga keberhasilan program converter kit CNG. Sektor pertanian dan pertambangan penghematan bisa mencapai 25% atau sekitar Rp 2,5 triliun dengan efisiensi dan pemeliharaan alat.

Terakhir adalah sektor properti baik itu komersial seperti perkantoran, rumah tangga, dan sebagainya juga bisa menghemat sekitar 10-30% atau sekitar Rp 43 triliun. Aris menyatakan PT EMI sendiri juga mempraktekan termasuk mengganti lampu dan sebagian AC dengan yang lebih. Sehingga total bisa hemat sekitar 15-17%. "EMI juga mengaplikasikan sistem monitoring energi di kantor sehingga bisa pantau konsumsi energi listrik di EMI secara real time. Jadi kami tak hanya kampanye tapi juga mempraktekannya. Bebannya kami harus jadi tauladan," tukasnya (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category