Other

Batubara Tetap Sumber Utama Energi Dunia

img title

Jakarta, petroenergi.id - Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) Supriatna Suhala mengatakan, sekitar 70 persen negara di dunia masuk kategori negara berkembang. Mereka tetap membutuhkan  batu bara sebagai sumber energi pembangkit listrik.

"Dunia tidak akan lepas dari batu bara dalam empat-lima tahun ke depan. Hanya saja, teknologinya lebih bersih," ujar Supriatna beberapa waktu lalu di Jakarta, dengan menambahkan bahwa konsumsi batubara China akan tetap tinggi meski saat ini negeri tirai bambu itu mulai gencar menggunakan energi bersih.

Sebagai produsen dan konsumen terbesar energi dunia, saat ini China mengkonsumsi sekitar 4 miliar ton atau separuh dari produksi batu bara dunia.

Negara-negara berkembang yang juga memiliki rencana membangun banyak pembangkit listrik di antaranya Malaysia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, dan India. Menurut Supriatna, dalam lima tahun ke depan, Malaysia membutuhkan 20 juta ton batu bara dan Bangladesh 8 juta ton untuk 7.000 megawatt pembangkit listriknya.

Karena lebih murah dibandingkan gas, panas bumi, dan minyak, batu bara menjadi pilihan negara-negara Asia sebagai sumber energi primer kelistrikan. Perhitungan APBI-ICMA memperlihatkan,  biaya listrik berbasis batu bara hanya 5 sen per kilowatt hour (kWh), lebih rendah ketimbang gas 11-12 sen per kWh, panas bumi 15 sen per kWh, serta disel 30 sen per kWh. (san)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category