Global

Azas Cabotage Tidak Menghalangi Investor Asing

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Nova A. Mugijanto, Bendahara Indonesia National Ship Owners' Assosiation (INSA )menyatakan dengan azas cabotage terbukti telah meningkatkan pertumbuhan pengadaan kapal niaga nasional, termasuk kapal - kapal penunjang lepas pantai, mewujudkan kedaulatan, meningkatkan pertumbuhan Industri penunjang seperti galangan kapal, asuransi, dan menyerap ratusan ribu tenaga kerja.

“Azas cabotage yang telah berjalan 10 tahun terakhir, secara dinamis mendorong pertumbuhan pelayaran nasional. Namun cabotage tidak membatasi investasi asing karena ada pola join venture dalam industri pelayaran maupun sektor terkait”, katanya kepada PetroEnergy.id disela-sela Rakernas INSA Selasa 17 Mei 2016 di Jakarta.

Buktinya, kata Nova, operator kapal nasional yang tergabung dalam INSA juga tengah mengembangkan skema kemitraan bisnis dengan investor asing. Kerjasama itu melalui pembentukan perusahaan patungan pengadaan kapal offshore sesuai dengan regulasi pelayaran nasional terkait penerapan azas cabotage.

Sementara itu Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas, Baris Sitorus juga menyatakan selama ini Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) juga tidak keberatan dengan diberlakukan cabotage. Asalkan harga yang diberikan kompetitif KKKS tidak akan mempermasalahkan.

Selain itu jika INSA bisa memenuhi kebutuhan eksplorasi tersebut SKK Migas akan mendukungnya. Namun, bila belum bisa terpenuhi mau tidak mau tak mau harus memakai kapal asing."Tapi tetap harus berbendera Indonesia. Intinya SKK Migas mendukung pemberlakuan azas cabotage yang mewajibkan setiap kapal yang beroperasi di wilayah Indonesia berbendera Indonesia termasuk kapal-kapal eksplorasi migas," katanya Selasa 17 Mei 2016. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category