Business

Atasi Negosiasi Berbelit, Pemerintah Akan Patok Harga Jual Batu Bara Mulut Tambang

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemrintah akan mentukan harga jual batu bara untuk pembangkit listrik mulut tambang. Hal ini diterapkan guna mengantisipasi proses negosiasi jual beli batu bara yang berbelit-belit.

Jitunews.com edisi Rabu (13/4) mengutip Menteri ESDM Sudirman Said, mengatakan, jika proses negosiasi antara penjual dan pembeli (dalam hal ini perusahaan tambang dan perusaah pembangkit listrik) tidak mencapai kata sepakat, maka Menteri ESDM memberikan wewenang kepada Dirjen Minerba untuk menentukan harga jual batu bara tersebut.

"Dirjen Minerba akan menetapkan besaran margin perusahaan tambang dengan memerhatikan asas kemanfaatan, keterbukaan, keadilan, dan kepentingan nasional atau daerah," kata Sudirman Said.

Menurutnya, selain itu Menteri ESDM juga berhak menetapkan ambang margin keuntungan perusahaan tambang dari yang sebelumnya dipatok sebesar tetap 25 persen dari total biaya produksi.  Sudirman juga memasukkan satu komponen baru dalam menghitung biaya produksi batu bara yang akan memengaruhi margin tersebut, yakni pengangkutan dari lokasi pengolahan ke wilayah stockpile Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) terkait. (yunus/mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category