Other

Askaraindo Ingin Kebutuhan Dump Truck Di Produksi Di Indonesia

img title


Jakarta, petroenergy.id -- Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) Sommy Lumadjeng memprediksi tahun ini industri karoseri Indonesia bakal tumbuh stagnan. Namun ada harapan pada kebutuhan dump truck di Indonesia.

"Potensi industri karoseri saya perkirakan akan stagnan karena pengaruh penurunan ekonomi global. Tapi ada harapan pada kebutuhan dump truck untuk pertambangan dan infrastruktur ," kata Sommy, di Jakata beberapa waktu lalu kepada petroenergy.id.

"Harapan itu muncul seiring dengan naiknya harga batu bara akibat pengaruh isyu global dan juga ada beberapa kebijakan Pemerintah yang kembali menggairahkan industri pertambangan. Terkait infrastruktur pastinya butuh truk untuk penunjang berbagai proyeknya," tambah dia.

Untuk itu, dia juga berharap, agar Pemerintah mementingkan dump truck yang diproduksi di dalam Negeri dari pada yang seratus persen merupakan barang impor. "Kita sudah bisa buat dump truck sendiri dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) bisa mencapai 60%. Jadi buat apa impor?", katanya.

Sommy menjelaskan, pada waktu dulu, para pengusaha dan teknisi dari Tiongkok justru belajar karoseri untuk dump truk ke Indonesia. Karena mereka didukung penuh oleh Pemerintahnya untuk maju maka jadilah Perusahaan Tiongkok lebih unggul hingga bisa memproduski truk buatan sendiri dengan berbagai merk.

"Jadi tolonglah untuk karoseri khsusunya dump truck ini jangan lagi diimpor. Negara seperti Bangladesh dan Pakistan pernah komunikasi ke saya untuk memesan. Bahkan sekelas Korea Selatan sedang mempertimbangkan Indonesia sebagai pemasok karoseri mereka. Kita harus yakin pada industri dalam Negeri sendiri," tandasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category