Global

ASEAN Di Proyeksikan Jadi Net Importir LNG Tahun 2030

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Yenni Andayani Direktur Gas, Energi Baru dan Terbarukan (Gas EBT) PT Pertamina (Persero) memproyeksikan Negara Asia Tenggara atau ASEAN termasuk Indonesia akan menjadi net importir dari sebelumnya net eksportir pada tahun 2030 nanti.

"ASEAN akan mengalami peningkatan demand untuk LNG (Liquefied Natural Gas). Dan diproyeksi akan menjadi net importir di tahun 2030. Impor untuk ASEAN akan sama seperti India dan Korea. Dua negara itu sudah mulai impor LNG, di mana Korea mulai impor dua dekade lalu sedangkan India mungkin baru satu dekade lagi." demikian jelas Yenny ketika menjadi keynote speaker ke dua di acara IndoPipe hari ini 30 Agustus 2016 di Jakarta.

Buktinya, lanjut Yenny, sejak lima hingga enam tahun terakhir LNG demand di ASEAN tercatat terus meningkat. "Ditambah lagi demand nggak bisa ketemu supply. Kemudian harga minyak rendah bikin harga LNG turun. Ini meningkatkan risk market finance pada tahun 2023 nanti," kata Yenny.

Sebagai antisisipasi, maka negara-negara ASEAN mulai bersiap-siap membangum infrastruktur. Sebagian dari mereka sudah sangat agresif bangun LNG infrastruktur. Bahkan ada yang untuk membangun receiving terminal dengan kapasitas mencapai 70 juta ton per annum yang diharapkan beroperasi mulai 2023.

"Kita harus segera agresif dan jangan mau kalah.Jika kita melihat Thailand. Vietnam, hingga Filipin. Kita harus siap menghadapi kompetisi. Sebab kalau semua negra ASEAN membangun infrastruktur gas dalam waktu bersamaan. Maka untuk mendapatkan kontraktor adalah hal yang perlu kita pikirkan. Adalah sebuah kepentingan bagi kita untuk membangun fasilitas sendiri." jelasnya.

"Kita dulu salah satu eksportir LNG terbesar di dunia di tahun 80 dan 90, dan kita harus terima kalau kita akan menjadi importir di tahun 2030." tandas Yenny.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category