Other

Arcanda Jawab Polemik Status Warga Negaranya

img title

Jakarta, PetroEnergy.id-- Rumor bahwa Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Arcandra Tahar adalah berkewarga negaran Amerika Serikat dimana Arcandra melalui proses naturalisasi pada bulan Maret 2012 dengan diambilnya oath of allegiance atau sumpah setia kepada negara Amerika Serikat, akhirnya dijawab oleh Aecandra. “Saya tuh orang Padang Asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang, cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika,” ujar Arcandra usai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Kementerian ESDM, hari Minggu (14/8).

Ditambahkannya; “Saya pergi ke Amerika tahun 1996. Liatbahasa Indonesia dan tampang saya masih “medok” Padang."

Menjawab polemik passportnya dimana rumornya sebulan ia baru-baru ini saja menggunakan paspor RI yang sebelumnya selalu menggunakan paspor AS, Arcandara menyatakan silahkan berbagai pihak mencek passportnya. "Sampai saat sekarang saya masih memegang passport Indonesia dan passport Indonesia saya masih valid," tegasya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menegaskan usai peresmian Jambore Nasional ke-10 Tahun 2016 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Pratikno menekankan bahwa Menteri ESDM merupakan pemegang paspor Indonesia.

"Kami ingin tegaskan bahwa Pak Archandra Tahar itu adalah pemegang paspor Indonesia. Beliau ketika masuk ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia," terangnya kepada jurnalis pada Minggu, 14 Agustus 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Pratikno juga menjelaskan bahwa paspor Indonesia milik Archandra Tahar masih berlaku hingga tahun 2017.Kembalinya Archandra Tahar ke Indonesia merupakan permintaan langsung Presiden Joko Widodo kepada dirinya. Presiden menilai Archandra Tahar memiliki kualifikasi internasional dan memiliki keinginan untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

"Pak Presiden memang meminta beliau untuk pulang ke Indonesia. Banyak sekali orang hebat kita yang di luar negeri yang sangat penting untuk membantu bangsa kita sendiri. Apalagi Pak Archandra punya kualifikasi internasional," terang Pratikno.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category