Business

APEXINDO: Azas Cabotage Ciptakan Pertumbuhan

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- General Manager Marketing PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) , Irawan Sigit, dalam keterangan persnya Senin 16 Mei 2016 menyatakan, Perusahaannya mendukung azas cabotage merupakan prinsip terkait kedaulatan internal sebuah negara atas teritorial laut dan udara. Sehingga, prinsip ini harus memberikan hak khusus untuk kapal-kapal penunjang operasional niaga berbendera negara yang bersangkutan untuk melakukan angkutan kepelabuhan.

"Pemerintah harus mengedepankan azas cabotage yang diharapkan bisa menggairahkan industri perkapalan. Kami percaya anggota INSA juga akan mematuhi azas cabotage. Sebab azas cabotage ini juga akan melindungi kedaulatan negara khususnya di bidang maritim dan menumbuhkan perekonomian," jelasnya

Penerapan azas cabotage ini sebenarnya sudah diatur dalam Pasal 7 dan 8 Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, sehingga pemberlakuan azas ini akan memberi hak perusahaan angkutan dari Indonesia untuk beroperasi secara eksklusif. "Upaya melindungi kedaulatan negara juga bisa menjadi stimulus untuk mendorong pertumbuhan industri perkapalan dan pemenuhan kuota Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)," tukasnya (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category