Other

Apa Saja Tantangan Menteri ESDM Yang Baru?

img title

Jakarta, PetroEnergy.id—Sejumlah kalangan menilai penunjukan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Arcandra Tahar sudah sangat tepat dalam mendukung penerapan teknologi dan business prosess di sektor ESDM khususnya sektor minyak dan gas dikarenakan Menteri baru ini merupakan ahli offshore migas yang mempunyai sejumlah hak paten di Amerika Serikat.

Namun, tantangan bukan hanya pada dua hal tersebut. Pengamat minyak dan gas Ari H Soemarno menilai Menteri ESDM yang baru ini sangat profesional di bidang teknis engineering offshore hulu migas namun sangat amatir di sektor energi dan mineral.

“Tapi apa Menteri ESDM yang baru sebagai pembuat kebijakan, administrator, regulator dan strategi sektor energi dan mineral bisa capable? Ini tantangannya. Sebab profesionalisme dan pengalaman dibidang ini juga diperlukan. Kita harap Menteri baru bisa cepat belajar juga soal ini,” kata Ari kepada PetroEnergy.id di Jakarta 28 Juli 2016.

Senada, Direktur Eksekutif Asia Pasific, NRGI (Natural Resources Governance Institution) Emmanuel Bria menyatakan ; “Menteri ESDM Arcandra kelihatannya sangat paham teknis teknologi industri migas. Tentu ini sangat bagus. Tapinya jabatan menteri kan di level kebijakan. Ini tantangan bagi beliau sebab ini belum teruji.  Jadi saya rasa ia harus lebih banyak membuka dialog dengan berbagai stakeholder untuk dapat masukan,” kata Bria kepada Petroenergy.id 28 Juli 2016 di Jakarta.

Sementara itu, Dewan Penasehat IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) Rovicky Dwi Putrohari mengatakan untuk saat ini kita perlu kebijakan energy yang harus diselesaikan. “Sulitnya Pak Sudirman Said kemarin dalam menghandle listrik terlihat sekali kalau kita belum memiliki kebijakan terpadu tentang energi,” katanya kepada PetroEnergy,id 28 Juli 2016 di Jakarta.

Ditambahkannya, hampir selalu Menteri ESDM disibukkan dengan persoalan migas di negeri ini. Dan seringkali cenderung melihat migas sebagai komoditas, bukan sebagai energi penggerak ekonomi. “Ini tantangan jangka pendek maupun jangka panjang bagi Menteri ESDM yang baru untuk merubah paradigma ini,” tandas Rovicky.

Mantan Deputi SKK Migas Iwan Ratman, dalam keterangan pers menyatakan bahwa setelah mengamati dan membaca pengalaman Menteri ESDM yang baru yangg punya kemampuan teknis yang baik. Iwan berharap Menteri ESDM mampu menerjemahkan visi misi nawacita yaitu kemandirian energi.

Iwan yakin Menteri Arcandra akan cepat beradaptasi dan belajar dengan segala problematika di bidang energi dan mineral. Namun yang dikawatirkan, lanjut Iwan adalah karena keterbatasan pengalaman regulasi yang mengandung segala aspek politik, sosial, ekonomi.

Untuk itu maka Menteri ESDM baru perlu didampingi oleh orang-orang profesional yang sudah berpengalaman di bidang energi. Tantangannya, Menteri ESDM yang baru harus berhati-hati karena begitu banyaknya mafia di sektor ini. Sebab ini adalah kursi yang penuh dengan intrik karena begitu banyaknya kepentingan-kepentingan yang bermain.

“Namun demikian saya selaku profesional dan pelaku bisnis migas dan energi berharap Pak Menteri dapat bekerja dengan brilyan dan sukses menjawab tantangan dan mencapai target yang telah ditetapkan,” tukas Iwan. (adi)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category