Oil & Gas

Amien Sunaryadi: Sangat Sulit Kalau Cost Recovery Kurang Dari US$ 11 Miliar

img title

Jakarta, petroenergy.id – Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Amien Sunaryadi,  mengaku, sangat sulit jika cost recovery di bawah US$ 11 miliar.

Amien Sunaryadi menyatakan hal itu menyikapi adanya perbedaan antara Pemerintah dan DPR terkait cost recovery dalam APBN Perubahan 2016.

Pemerintah mengajukan biaya operasi hulu minyak dan gas bumi (migas) atau cost recovery di Rancangan APBN Perubahan 2016 sebesar US$ 11 miliar. Sementara itu Komisi VII DPR kemarin menetapkan cost recovery sebesar US$ 9 miliar.

"Sangat sulit untuk di bawah US$ 11 miliar, seperti 2011 kalau dipaksakan di bawah US$ 11 miliar realisasi juga akan lebih tinggi," kata Amien Sunaryadi.

Selain itu biaya, tambahnya, eksplorasi dan pengembangan sumur juga akan berkurang apabila cost recovery di bawah US$ 11 miliar yang berdampak pada produksi yang berkurang.

Amien Sunaryadi mengatakan, melakukan aktivitas eksplorasi, development sumur baru, itu penting. Sebab jika tidak dilakukan produksi nggak keluar. Dia mencontohkan, dalam pembahasan Banggar (Badan Aggaran DPR) tahun lalu juga sudah ditunda besarannya, dan sulit diturunkan karena akan menyangkut capaian produksi. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category