Energy

Akuisisi PGE Oleh PLN, Edwin: Itu Tidak Benar, Karena Sebagian Inbreng

img title

Jakarta, petroenergy.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak mengatakan akusisi PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), namun tetap minta PT PLN untuk segera mengambil sebagian saham anak perusahaan PT Pertamina  (Persero) itu dengan alasannya, untuk menciptakan BUMN berdaya saing.

Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, dalam paparan pada seminar bertajuk “Prospek Akuisisi PGR Oleh PLN” di Jakarta, Kamis (13/10), menegaskan, langkah PLN ini sebenarnya bukanlah akuisisi melainkan hanya merupakan sinergi kegiatan usaha.

“Jadi, ini bukan akuisisi namun sinergi dua BUMN Pertamina-PLN. Komposisi saham bisa saja 45 – 55 atau 50 – 50…tergantung kesepaktan nanti,” kata Edwin.

Menurutnya, PLN tidak menyiapkan uang untuk melakukan aksi korporasi ini. Sebab, penggabungan dua BUMN ini sebenarnya merupakan kewenangan pemerintah.

"PLN punya PLN Geothermal, Pertamina juga punya PGE, walaupun punya WKP (wilayah kerja panas bumi) masing-masing, tapi ini adalah bagaimana antara PLN dan Pertamina bisa bersinergi dalam satu anak usaha geotermal," tambah Edwin.

Edwin menjelaskan, penggabungan yang akan dilakukan menggunakan sistem inbreng atau pengalihan aset. Dengan demikian daya saing perusahaan itu dapat meningkat. 

"Jadi, sekali lagi, akuisisi  itu tidak benar. Namun, tepatnya ini adalah sinergi Pertamina dan PLN di PGE. Karena, sebagian inbreng, kalau akuisisi itu ‘kan bayar. Kesannya ini 100 persen diambil PLN… bukan," tegas Edwin.

Senanda dengan SP PLN. Ketua Umum SP PLN, Jumadis Abda dalam makalahnya pada seminar tersebut, mengatkan, penggunaan kata “Akuisisi” tidak tepat dalam hal penggabungan dua BUMN, PLN dan Pertamina.

“Istilah akuisisi sesame BUMN dirasa tidak tepat, karena bernuans menimbulkan gesekan antara BUMN, dan ini tidak boleh terjadi. Yang tepat adalah bersinergi. Bersinergi untuk mendorong pengemangan enrgi panas bumi,” kata Jumadis Abda. (mulkani)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category