Other

Ahmad Bambang Tidak Dicopot, Tapi Karena Jabatan Wadirut Dihapuskan  

img title

 

Jakarta, petroenergy.id - Ketua Umum Serikat Pekerja (SP) BUMN, Arief Poyuono, berpendapat bahwa Ahmad Bambang, itu sebenarnya tidak dicopot dari jabatan Wakil Direktur Utama (Wadirut) Pertamina, akan tetapi manatan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina  “terpaksa” diberhentikan karena jabatan Wadirut Pertamina telah dihapuskan berdasarkan keputusan Pemerintah selaku pemegang saham dalam RUPS, pada waktu lalu.

"Jadi, yang benar Abe (panggilan Ahmad Bambang-red), itu tidak dicopot. Akan tetapi dia diberhentikan karena jabatan Wadirut yang diembannya  telah dihapus," kata Arief Poyuono di Jakarta, Selasa (7/2).

Berkaitan dengan pnghapusan jabatan Wadirut Pertamina, terdapat sejumalah kebijakan yang diambilnya, salah satunya adalah  import solar yang  kini ikut "dipermasalahkan". 

Menurut Arief, Ahmad Bambang  sebagai Wadirut hanya menandatangani surat permintaan izin tambahan kuota import solar ke Menteri ESDM  pada tanggal 22 Desember 2016, dan itu dilakukan semata-mata untuk menyelamatkan Pertamina dan Negara agar tidak terjadi kelangkaan solar.

“Ya. Menurut saya, apa yang dilakukan Ahmad Bambang, ini semata-mata untuk mengantisipasi kelangkaan soal di mana-mana. Sebab jika kelangkaan ini terjadi secara massive pasti akan mengakibatkan Chaos," kata Arief.

Di sisi lain, Arief menambahkan, sangat bisa dibuktikan bahwa Dirut Pertamina tidak mau tanda tangan, karena jika kelangkaan terjadi, maka yang akan disalahkan adalah Wadirut dan Direktur Pemasaran. "Makanya, tanggung jawab tersebut diambil oleh Ahmad Bambang selaku Wadirut meski yang bersangkutan  tahu resikonya akan dipermasalahkan dan disalahkan," ujar Arief.

Menynggung kinerja Pertamina  2015, yang tertolong atauterselamatkan serta kinerja 2016 yang kinclong dapat dibuktikan bahwa hal itu terkait kontribusi kinerja hilir, khususnya di bidang Pemasaran dan Niaga yang melahirkan produk-produk barunya seperti Pertalite, Dexlite, Pertamax Turbo dan LPG Bright Gas 5.5 Kg & 220 gr.

"Nah, semua produk baru hilir- iya atau tidak sangat terkait dengan kinerja Abe sebagai Direktur Pemasaran dan Niaga maupun sebagai Wadirut," tutup Arief. (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category