Business

Ahmad Bambang: Konsumsi LPG di Indonesia Meningkat 7 Juta MT Tahun 2016

img title

Jakarta, petroenergy.id - Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan konsumsi Liquified Petroleum Gas (LPG) di Indonesia mengalami peningkatan pesat. Dari satu juta metrik ton (MT) per tahun pda 1970 naik menjadi tujuh juta MT pada 2016.

Hal diatas dikemukakannya pada wartawan pada kesempatan seminar dan pameran LPG Indonesia Forum 2017 yang berlangsung di Hotel Sangri-la Jakarta, 17 Januari 2017.

Menurutnya, salah satu pemicu naikanya penggunaan LPG di indonesia adalah disebabkan suksesnya program Konvensi BBM ke LPG yang dilakukan pemerintah sejak tahun 2007.

Ahmad Bambang mengatakan, sebagai bentuk dukungan Pertamina kepada pemerintah untuk menguarangi beban subsidi LPG, Pertamina memberikan varian bagi konsumen dan sekaligus mwnghadirkan produk LPG non PSO yaitu Bright Gas berkuran 12kg, 5.5kg dan kemasan kaleng ukuran 220 gram.

Sementara, VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, mengatakan, Pertamina bersama Pemerintah Daerah tengqh melakukan sosialisasi penggunaan LPG Non PSO guna memastikan subsidi LPG tepat sasaran.

Saat ini, kata Wianda, pemerintah sedang menyiapkan Program Distribusi LPG 3kg tepat sasaran yang dharapkan terlaksana tahun ini.

Wianda menambahkan, pelaksanaan subsidi LPG tabung 3kg dilakukan dengan pola distribusi terbuka dan dilakukan secara bertahap untuk 26 juta Rumah Tangga Miskin (RTM) dsn 2,3 juta usaha mikro.

Pada bagian lain, Wianda juga menjelaskan, Indonesia merupakan negara pengimpor utama LPG dunia. Indonesai telah mendapat manfaat dari banyaknya pasokan global dan harga LPG dunia yang rendah.

Keadaan itu, kata Wianda, merupakan peluang sekaligus kesempatan bagi Indonesia untuk memanfaatkan harga LPG dunia guna mempercepat pembangunan infrastruktur LPG dan menunjang investasi pasar LPG di dalam negeri. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category