Other

470 Juta Ton Perkiraan Produksi Batubara Di 2017

img title
Jakarta, petroenergy.id - Produksi batubara nasional tahun ini diperkirakan bakal di angka 470 juta ton, lebih tinggi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebesar 413 juta ton.
 
Prediksi produksi sebesar itu sudah dikomunikasikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Badan Perencanaan Pembagunan Nasional (Bappenas). 
 
"Kalau disesuaikan dengan RKAB (rencana kerja dan anggaran biaya) yang diajukan perusahaan, agak susah meng-cut menjadi 413 juta ton. Karena, banyak IUP baru yang produksi, tidak mungkin stop moratorium,” kata Direktur Jenderal  Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, di Jakarta.
 
Menurut Bambang, rencana produksi daripara pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) sudah disetujui. Namun, target produksi dari pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) masih bisa berubah.
 
Berdasarkan dokumen RKAB 2017 dan rencana produksi IUP, produksi batubara nasional mencapai 489 juta ton. Jumlah tersebut terdiri dari PKP2B 311 juta ton, IUP PMA 17,2 juta ton, IUP BUMN 23,2 juta ton, IUP Provinsi 137 juta ton.
 
Adapun  total domestic market obligation (DMO) batubara tahun 2017 ditargetkan mencapai 121 juta ton.
 
Deputi Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Hendra Sinadia melihat tingginya rencana produksi menunjukkan optimisme para pelaku usaha di sektor batubara ternyata masih tinggi. 
 
Optimisme ini didukung harga batubara yang merangkak naik dari level yang sangat rendah di kisaran US$50 per ton  di pertengahan tahun lalu hingga sempat menyentuh level di atas US$100 per ton jelang akhir 2016 dan saat ini di kisaran US$85 per ton. (san*)

 
ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category