CSR

3 Kabupaten Papua Menerima Paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE)

img title

Petroenergy.id, Papua - Kementerian ESDM kembali menyerahkan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke tiga kabupaten/kota di Provinsi Papua. Total, sebanyak 28.093 unit paket LTSHE diserahkan pada 3 kabupaten di Provinsi Papua tersebut.

Paket LTSHE tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana kepada masyarakat di Aula Kantor Bupati Mappi, Provinsi Papua, pada Selasa,  kemarin (12/3).

Pada kesempatan tersebut Rida Mulyana juga turut didampingi oleh Staf Khusus Menteri E. Widyo Sunaryo, Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Harris, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Agung Pribadi, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana KESDM Bambang Utoro, Tenaga Ahli Menteri Dian Wirengjurit, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M. Atok Urrahman dan Direktur Keuangan Wika Irsal Saleh Matondang.

Rida menyampaikan "Program LTSHE ini bertujuan untuk menerangi desa-desa yang masih gelap gulita. Paket LTSHE akan dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN".

Dengan hadirnya LTSHE, masyarakat di tiga Kabupaten tersebut diantaranya Kabupaten Ndunga, Mappi dan Intan Jaya kini dapat menikmati penerangan saat di malam hari. Untuk Kabupaten Nduga sendiri menerima sebanyak 12.478 unit, dan untuk  Kabupaten Mappi sebanyak 1.303 unit, sementara Kabupaten Intan Jaya sebanyak 14.312 unit.

“Program LTSHE ini merupakan bentuk pengembalian hak rakyat, bukan merupakan bantuan kepada masyarakat. Diharapkan lampu yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan dijaga penggunaannya”, ungkap Rida.

Kristosimus Agawemu, Bupati Mappi juga turut memberikan sambutan saat hadir dalam acara tersebut, beliau menyampaikan "Permasalahan Kabupaten Mappi mungkin mirip dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Papua. Mungkin langkah awal yang dilakukan oleh Kementerian ESDM di bidang kelistrikan melalui penyerahan LTSHE ini dapat mendorong sektor-sektor lain seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi agar dapat lebih maju".

Selain Bupati Mappi yang hadir saat itu, Bupati Intan jaya yang diwakili Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pieter Tabuni, dan Bupati Nduga Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Nduga Nathanael Sasemtua meminta agar Kementerian ESDM dapat hadir di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Papua. Kehadiran Pemerintah melalui Kementerian ESDM yang memberikan bantuan berupa LTSHE, dirasakan sangat membantu masyarakat terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) untuk dapat menikmati akses listrik dan terang di malam hari.

Nathanael Sasemtua menuturkan "Kami berharap agar seluruh masyarakat di Nduga dapat menikmati akses listrik. Diharapkan program ini tidak berhenti sampai di sini, melainkan dapat dilanjutkan dengan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat yang dapat melayani dengan skala yang lebih luas”.

Untuk masyarakat di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) rencananya untuk di tahun 2019 akan diserahkan lampu surya secara gratis sebanyak 98.481 rumah, dan hingga akhir 2018 telah disalurkan lampu surya gratis sebanyak 172.996 rumah di 16 provinsi yang memang menggunakan dan APBN. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category