Other

Terkait RUU Migas, FSPPB Akan Sosialisasi 5 Pilar Pemahaman Pada DPR

img title

Jakarta, PetroEnergy.id - Arie Gumilar, Sekjen FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), menyatakan pihaknya akan mensosialisasikan lima pliar pemahaman kepada semua kalangan terkait RUU Migas.

Lima pilar itu antara lain; pengelolaan migas harus berorientasi dan menerjemahkan amanat konstitusi UUD 45 Pasal 33 serta tata kelola migas yang berorientasi pada kepentingan nasional. Kedua adalah negara yang memiliki mineral right menyerahkan hak penguasaannya (mining right) dan hak pengusahaannya (economic right) dengan cara memberikan kuasa secara utuh kepada satu BUMN yaitu Pertamina.

Ketiga, Pertamina sebagai pemegang kuasa pengusahaan migas harus diberikan pengaturan khusus ataulex specialis. Keempat dalam pengaturan badan usaha hilir harus memiliki kualifikasi infrastruktur dan meliputi sampai wilayah tertentu seperti wilayah remote. "Dan yang kelima terkait dengan penetapan bahan bakar PSO harus ditetapkan oleh pemerintah dengan memperhitungkan secara periodik keterjangkauan harga di konsumen," kata Arie dalam acara Buka Puasa Bersama dan FGD tentang UU Migas di Hotel Gren Alia, Cikini, Jakarta, Jumat (17/06).

Menanggapi hal ini Pengamat Kebijakan Publik Sofyano Zakaria menilai, semua langkah sosialisasi 5 Pilar yang dilakukan jika tidak mengajak atau mendekati anggota DPR maka itu akan sia-sia. Sebab kuncinya sekarang ada di anggota DPR Komisi VII untuk UU Migas ini karena sudah merupakan inisiasi DPR kembali.

Namun, tambahnya, kalau anggota DPR tidak mau didekati dan terindikasi lebih pro asing. Nantinya apa boleh buat maka bargaining position yang paling keras harus dilakukan misalnya seperti mogok massal. "Pertamina kan punya partner yang namanya Hiswana Migas dengan anggotanya sekitar ratusan ribu. Kita ajak saja Hiswana Migas untuk berdemo terkait UU Migas ini. Ini cara paling akhir yang bisa dilakukan jika anggota DPR tak mau mengerti pentingnya pengusaan Negara dalam sektor Migas," tukasnya. (adi)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category