Company

SPBU "Nusantara" Segera Diresmikan

img title

Jakarta, PetroEnergy.id –Tidak lama lagi di DKI Jakarta akan ada SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dengan brand baru selain Pertamina Shell dan Total. SPBU ini bernama “Nusantara”. “Dalam waktu dekat kami akan launching. Rencananya di Jakarta akan ada 8 SPBU untuk tahun ini. Lalu ada 200 SPBU diseluruh Indonesia. Semua pembangunannya akan bertahap,” kata President Direktur PT Nusantara Energi Plant (NEPI) Junaidi Elvis kepada PetroEnergy 28 Mei 2016.

PT Nusantara Energi Plant merupakan pemilik brand SPBU Nusantara. Walau perusahaan ini adalah PMA (Pemilik Modal Asing) dengan dominasi swasta nasional Singapura, namun ada beberapa kepemiilkan saham swasta nasional.  “Cita rasa nasional tetap kami ingin tonjolkan. Buktinya nama brand nya “Nusantara”, kata Elvis.

SPBU dengan warna dominan hijau dan kuning ini untuk konsep bisnisnya sama dengan yang dilakukan Pertamina. Ada konsep COCO (Company Own Company Operated), CODO (Company Own Dealer Operated) dan DODO (Dealer Own Dealer Operated). Dari beberapa SPBU ada yang merupakan peralihan dari SPBU lain dan ada juga yang baru dibangun. “Untuk jenis produknya nanti akan ada NEPI 92, NEPI 95, dan NEPI Solar. Termasuk gas juga ada. Komplit tapi bertahap,” jelasnya

Menanggapi isu margin SPBU yang tidak begitu besar, Elvis menjawab kata bahwa semua itu bergantung pada regulasinya kembali.  “Apakah regulasinya mau mendukung investasi hilir atau tidak itu tergantung pemerintah? Tapi dukunglah kami para investor berbisnis dengan nyaman agar bisa bermanfaat bagi orang banyak,” ujarnya.

Elvis menyatakan, dirinya berani masuk bisnis SPBU lantaran akan ada peraturan mengenai batas atas dan batas bawah harga BBM sehingga ini dianggap menarik. Apalagi di pulau Jawa, Madura dan Bali akan ada wacana penghilangan BBM bersubsidi. “Yang paling awal kan rencana dari Gubernur Ahok untuk menghapus premium dari DKI Jakarta,” katanya.

Untuk jaminan suplai BBM nya NEPI saat ini menyimpan di storage BBM milik Vopak di Tanjung Priok Jakarta. Disana NEPI sudah menyewa 5 tanki BBM antara lain 2 tanki solar dan 3 tanki untuk BBM Oktan 92 dan 95. “Selain untuk retail sendiri, kami juga akan mensuplai BBM untuk Pertamina nantinya. Kami didukung Vitol (sebuah perusahaan trader internasional) untuk suplai feed stock BBM nya. Jadi kami membantu suplai ketahanan energi juga dalam hal ini,”  tukas Elvis. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category