Other

Sejak Otda Data IUP Sulit Dilacak

img title

Jakarta, petroenergy.id - Data Izin Usaha Pertambangan (IUP)  sulit dilacak sejak pemberlakuan Otonomi Daerah (Otda). Ironinya,  sampai saat ini pemerintah daerah tak wajib melaporkan produksinya kepada pemerintah pusat.

Hal itu dikemukakan Hendra Sinadia, Deputi Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Kamis (5/1/2017) di Jakarta.

Dalam pandangan hendra, pemerintah kemungkinan juga tak punya data akurat tentang  produksi batu bara. Pasalnya, sejak kewenangan ada di pemerintah daerah, jumlah IUP yang ada susah dilacak.

APBI-ICMA sendiri menyatakan  belum tahu jenis IUP yang berpotensi akan dicabut. Jika IUP eksplorasi banyak yang belum mendapatkan sertifikasi clean and clear (CNC), menurut Hendra, tak begitu  berpengaruh terhadap produksi batubara nasional. Hanya saja jika IUP yang dicabut berjenis IUP Operasi produksi, persoalannya lain karena berpengaruh terhadap produksi tahun ini.

Walau berpengaruh, seperti diberitakan CNNIndonesia.com,  dampaknya tidak terlalu signifikan. Pasalnya, kontribusi produksi IUP hanya 10 - 15 persen dari total produksi nasional. Tahun ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan produksi batu bara mencapai  413 juta ton. Angka ini melemah 5,08 persen dibanding perkiraan produksi 2016 sebesar 434 juta ton.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah telah menutup tenggat waktu evaluasi sertifikat CnC bagi IUP mineral dan batu bara pada 2 Januari 2017 lalu,  sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 43 Tahun 2015.

Data Kementerian ESDM menunjukkan, per 31 Desember 2016 jumlah perusahaan tambang yang telah memenuhi CNC berjumlah 6.444 IUP, atau 66,29 persen dari jumlah IUP yang ada saat ini sebanyak 9.721 IUP. Artinya, terdapat 3.277 IUP yang berpotensi dicabut izin usahanya. Kewenangan pencabutan ada pada Gubernur masing-masing daerah.(san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category