Energy

ROSATOM Perkenalkan Konstruksi PLTN

img title

Jakarta, petronergy.id – Perusahaan Energi Atom Rusia ROSATOM dan PT. PLN (PERSERO) hari ini menggelar seminar bersama untuk yang kedua kalinya di tahun ini.

Manfaat ekonomi dari energi nuklir merupakan topik utama dalam seminar tersebut. Para perwakilan dari perusahaan ROSATOM berbagi informasi mengenai pengalaman Rusia di bidang pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), serta berbicara mengenai peluang industri nasional yang dapat diciptakan oleh energi nuklir.

"Pembangkit listrik tenaga nuklir tidak hanya tentang listrik yang bersih. Pembangunan PLTN dapat menjadi penggerak yang kuat untuk perekonomian suatu negara, memberikan peluang baru bagi perusahaan-perusahaan pembangunan, konstruksi, dan industri lainnya", kata Egor Simonov, Kepala ROSATOM di Asia Tenggara.

Menurut dia, pembangunan PLTN menciptakan sekitar 70.000 lapangan kerja baru, memperkuat kemampuan ilmiah dan teknis sebuah negara, dan secara umum membuka jalan bagi pembangunan ekonomi yang inovatif. Dia juga mengungkapkan bahwa ROSATOM berkomitmen untuk memaksimalkan kandungan lokal dalam proyek pembangunan PLTN di semua negara di mana ROSATOM beroperasi.

ROSATOM dengan dukungan dari PLN, bersama-sama dengan para pemasok peralatan dan kontraktor EPC di Indonesia, berencana untuk melaksanakan penilaian potensi lokalisasi proyek PLTN di Indonesia.

 "Ratusan perusahaan Indonesia dapat berpartisipasi dalam proyek konstruksi PLTN. Di negara kita, tenaga nuklir bisa menciptakan lapangan kerja baru, memperkenalkan teknologi inovatif dan mengembangkan kompetensi baru", ujar Moch. Praydianto, Kepala Perencanaan dan Pengadaan Mesin di kantor pusat PT. PLN.

Dia menekankan bahwa meskipun konstruksi PLTN membutuhkan biaya yang tinggi, sebagian besar dana yang dibelanjakan itu akan tetap dimiliki oleh Negara dalam bentuk pendapatan dari pemasok lokal serta pendapatan dari pajak, dan dalam jangka panjang, PLTN dapat menyediakan tenaga listrik yang aman dan stabil untuk Indonesia.

Seminar ini dihadiri sekitar 100 peserta dari berbagai pihak berwenang di Indonesia, termasuk Kementerian Energi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Nasional Perencanaan Pembangunan, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Pengatur Nuklir, serta dari perusahaan-perusahaan kunci sektor industri di Indonesia.

PT PLN (PERSERO) adalah Perusahaan Listrik Negara yang bertanggung jawab menyediakan infrastruktur dan akses listrik ke seluruh Indonesia. Total kapasitas pembangkit listrik yang terpasang mencapai lebih dari 42 GW, dan dengan kebutuhan listrik yang tinggi, jumlah ini akan menjadi dua kali lipat dalam sepuluh tahun ke depan. Memiliki program untuk memasok 35 GW lagi, inilah yang membuat PLN menjadi pemain dominan dan terbesar di sektor listrik di Indonesia.

ROSATOM adalah perusahaan nuklir nasional dari Federasi Rusia yang menyatukan sekitar 400 perusahaan industri nuklir dan lembaga riset. Dengan keahlian 70 tahun di bidang nuklir, kami bekerja pada skala global untuk menyediakan layanan nuklir yang komprehensif, mulai dari pengayaan uranium hingga pembangunan PLTN. ROSATOM adalah pembangun teknologi nuklir nomor 1 di dunia, melaksanakan proyek-proyek untuk membangun delapan reaktor di Rusia dan 34 di luar negeri. Rosatom mengoperasikan 26.2GW kapasitas nuklir pada 35 reaktor di Rusia. Perusahaan ini juga memegang 36% pasar pengayaan uranium global dan 17% pasar bahan bakar nuklir global. (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category