Other

PTLR BATAN Siap Terima Limbah Radioaktif Sektor Migas

img title


Jakarta, PetroEnergy.id -- Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) Bada Tenaga Nuklir (BATAN)  mengaku siap untuk menampuh limbah radioaktif nantinya dari untuk proyek percepatan Kilang  Migas dan Petrokimia (RDMP)

"Kami siap saja menampung itu. Kami punya fasilitas terbaik di Asia Tenggara. Harga jasanya juga tidak terlalu mahal bila diserahkan ke PLTR," kata Kepala PTLR Suryantoro dalam jumpa pers di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, 5 Oktober 2016.

Dijelaskannya, saat ini sebanyak 15 persen limbah radioaktif di Indonesia berasal dari sektor migas. Limbah tersebut biasanya ditemukan pada pipa-pipa migas yang berkerak. Ada keraknya yang hanya sampai batas limbah B3 tapi ada juga yang mengandung radioaktif.

"Limbah tersebut menghasilkan T-Norm atau radioaktif yang perlu diawasi oleh Bapeten. Sebagian untuk pengolahannya sudah ada yang ditangani oleh PTLR BATAN. Dalam hal ini sebenarnya juga sudah ada MoU dengan SKK Migas." jelasnya.

"Jadi jika nantinya untuk limbah-limbah hasil dari Kilang Minyak dan PetroKimia dari Proyek RDMP yang mengandung radioaktif silahkan saja diserahkan ke PTLR. Kalau yang B3 tentunya sudah menjadi bagian yang lain." tambahnya.

Sementara itu, Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto mengingatkan jika limbah radioaktif yang  dihasilkan di Indonesia tak bisa dikelola di PTLR milik Batan. Dapat pula dikembalikan ke negara asal sumber radioaktif tersebut.

Asal tahu saja, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Limbah Radioaktif, limbah radioaktif yang diserahkan ke PTLR bisa di-reuse dan recycle. Ini perlu dilakukan kajian keselamatan oleh Batan sebagai pengelola limbah sehingga nanti radioaktif bekas yang  potensinya cukup besar bisa kembali dimanfaatkan.

Jumlah pemegang izin penggunaan unsur radioaktif dan pengoperasian instalasi  nuklir di Indonesia saat ini sudah mencapai Iebih dari 7.000 pemegang izin. SeIuruh pemegang izin tersebut berpotensi menghasilkan Iimbah radioaktif.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category