Oil & Gas

Premier Pesan Subsea Tree dan Wellhead Untuk BIGP Development Project

img title

Jakarta, petroenergy.id-- GE Oil & Gas telah diberi kontrak oleh Premier Oil Natuna Sea Ltd untuk pemesanan subsea tree dan wellheads untuk lapangan Bison, Iguana, dan Gajah Puteri atau lebih dikenal dengan BIGP Development Project di blok Natuna Sea Block A, Kepulauan Natuna.

Dalam keterangannya pada hari Selasa (31/1), GE mengatakan bahwa cakupan kontrak meliputi subsea tree  dan wellhead, penyewaan alat dan sektor pendukung pelayanan saat melakukan instalasi dan kegiatan  pemeriksaan atau layak uji. Dalam kontrak meliputi pemesanan GE Tree On Mudline (TOM) series dan system wellhead SG1 dimana alat ini dinyatakan cocok untuk operasi shallow water yang menggunakan alat pengeboran jack-up.

Untuk persiapan pengeboran pada kuarter pertama tahun 2018, pada tahap awal Premier akan memfokuskan pemasangan tiga subsea dan wellhead. Untuk subsea trees akan dikonstruksi pada fasilitas GE Oil & Gas di Batam, Indonesia, dimana pada fasilitas tersebut telah mempunyai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang baik. FEED proyek ini dinyatakan telah selesai dan keputusan investasi proyek ditargetkan pada kuarter pertama pada 2017.

Asal tahu saja, Natuna Sea Block "A" dimiliki oleh Premier sebesar 28,67%, KUFPEC; 33,33% , Hess; 23% dan Petronas: 15%. Luas lapangan awalnya sebesar 23.920 km persegi dan pada tahun 2016 lalu tinggal 5000 km persegi.

Menurut data Kementerian ESDM, Premier Oil mengakuisisi area yang beroperasikan di Indonesia pertama kalinya yaitu Natuna Sea Block A yang meliputi ladang minyak Anoa pada tahun 1996. Kemudian mengembangkan Proyek Natuna Sea Gas yang diantaranya adalah GSA1 yang ditandatangani pada tahun 1999, dan dilanjutkan dengan membuat komersialisasi tutup gas yang terdapat di Anoa dengan menggunakan pipa yang berasal dari Singapura dan selesai pada tahun 2000. Gas pertama dari lapangan Anoa dicapai pada awal tahun 2001.(adi-kazzy)

 

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category