Energy

PLTU Tabalong Melenggang

img title

Jakarta, petroenergy.id -  Pembiayaan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 2×100 megawatt di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, akhirnya menemui kesepakatan beberapa  hari lalu. Melalui  anak usahanya PT Adaro Power, PT Adaro Energy Tbk menguasai 65 persen saham PT Tanjung Power Indonesia (TPI), sisanya 35 persen dikuasai PT East-West Power Indonesia

Ini merupakan bagian dari program listrik 35.000 MW, dan menurut Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro, total investasi proyek ini mencapai US$545 juta.  Tanjung Power telah mendapat komitmen pembiayaan sekitar US$422 juta (termasuk fasilitas kontinjensi sebesar US$13 juta) dari enam bank komersial.

Keenam bank itu adalah Korea Development Bank, the Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd., DBS Bank Ltd., Mizuho Bank, Ltd., Sumitomo Mitsui Banking Corporation, dan The Hong Kong Shanghai Banking Corporation Limited. Pembiayaan proyek ini menggunakan skema project finance, di mana KSURE memberikan jaminan komperhensif sebesar kurang lebih US$400 juta.

Listrrik yang dihasilkan PLTU ini dijual ke PT PLN (Persero) dibawah Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik (PPTL) yang berlaku untuk jangka waktu 25 tahun dari dan setelah Commercial Operation Date (COD). PPTL antara TPI dan PLN telah ditandatangani pada 15 Oktober 2014. Pasokan batubara akan disediakan Adaro Indonesia.

Tahapan konstruksi telah dimulai sejak Juni 2016, enam bulan sebelum tercapainya financing close, dengan menggunakan dana dari para sponsor. Kedua unit diperkirakan akan mencapai COD di semester pertama 2019.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memberikan jaminan untuk proyek ini dalam bentuk Surat Jaminan Kelayakan Usaha (SJKU). Pemerintah menjamin kemampuan PLN untuk melakukan pembayaran kepada TPI sesuai ketentuan yang diatur di dalam PPTL. (san*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category