Other

Pertamina Capai Nilai Tambah dari BTP New Initiatives US$925 juta

img title

Jakarta, petroenergy.id – PT Pertamina meraih nilai tambah sekitar US$925 juta hingga Mei 2016 melalui Breakthrough Project (BTP) New Initiatives.

“Secara umum inisiatif yang masuk ke dalam BTP New Initiatives 2016 Pertamina sukses melebihi target. Total nilai tambah yang diperoleh hingga 31 Mei 2016 telah mencapai US$925 juta atau 48% di atas target. Kami menargetkan nilai tambah dari kegiatan ini dapat mencapai US$1,64 miliar hingga akhir tahun,” kata Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto, di Jakarta, Selasa (21/6).

Sentralisasi Procurement non hydro yang bersumber dari hasil negosiasi kontrak baru, renegosiasi kontrak-kontrak sebelumnya, optimasi inventory dan sentralisasi material procurement mencapai US$144 juta. Adapun, untuk pengadaan hydro melalui revitalisasi ISC hingga periode yang sama meraup sekitar US$61,9 juta yang bersumber dari selisih Alpha serta dari realisasi aktivitas pengadaan crude serta produk.

Untuk Pembenahan Tata Kelola Arus Minyak yang bertujuan utama untuk menekan losses dapat meraih total US$94,81 juta. Kegiatan Marketing Operation Excellence melalui berbagai terobosan kegiatan marketing seperti sales Pertalite, efisiensi biaya perkapalan dengan optimalisasi tonase kapal dan bunker Shipping memberikan nilai tambah sebesar US$63 juta.

Inisiatif efisiensi di bisnis hulu melalui optimalisasi biaya operasi anak perusahaan telah mencapai US$412 juta. Inisiatif efisiensi pengolahan yang bersumber dari optimalisasi bottop products di kilang dan efisiensi energi dapat memberikan nilai tambah sebesar US$22,78 juta. Sementara itu, efisiensi per direktorat dengan cara optimalisasi biaya operasi telah mencapai US$71 juta. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category