Business

Limbah H2S Bisa Diproses Untuk Bahan Baku Industri Komestik

img title

Bojonegoro, petroenergy.id-- Tingginya kandungan H2s (hidro sulfida) yang mencapai 34% di Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) Blok Cepu, Kabupaten Bojonegoro, membuat pengembangan lapangan gas ini tertunda. Alhasil lapangan inimemerlukan tambahan teknologi pengolahan untuk membuat gasnya menjadi lebih bersih dan juga pemanfaatan limbahnya agar bisa dimanfaatkan.

 Vice President Communication and Government Affair Exxon Mobil Indonesia, Erwin Maryoto menyatakan, bahwa kandungan H2s di lapangan JTB nantinya akan diolah lalu dijadikan sulfur untuk dijual ke perusahaan kosmetik.

“Kami bersama Pertamina terus mengkaji mengatasi masalah H2s yang mengganggu pengembangan ini. Akhirnya kami melihat ada solusinya yaitu mengolah H2s ini menjadi sulfur dan kemudian diolah menjadi bentuk pelet untuk selanjutnya dijual ke perusahaan kosmetik,” kata Erwin kepada petroenergy dalam kunjungan media ke Bojonegoro, Kamis 8 Desember 2016.

Sementara itu,  Rexy Mawardijaya, juru bicara Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) menjelaskan, bahwa sebenarnya pemenafaatan H2s menjadi sulfur untuk bahan kosmetik sudah diterapkan EMCL di Fasilitas Banyu Urip, Kabupaten Bojonegoro.

“Tadi kan waktu kita tur ke fasilitas pengolahan lapangan, kita lihat ada sebuah tungku.  Nah dalam tungku itu ada teknologi yang memisahkan gas dan sulfur hingga nanti keluarnya nanti senyawa SO2. SO2 kemudian dibentuk seperti pelet untuk dijual ke industri kosmetik,” kata Rexy dalam kesempatan yang sama.

Dalam empat bulan ini, lanjutnya, sudah ada pembeli pelet SO2 dari yang mengambilnya setiap minggu. “Pembeli tersebut dari perusahaan kosmetik di Gresik. Walau limbah jenis ini tak berbahaya tidak terbuang yang penting tidak terbuang percuma,”  lanjutnya.

Akan hal konsep dan teknologi ini bisa diterapkan di TJB, Rexy mengaku belum bisa menjelaskan. Pasalnya lapangan TJB adalah lapangan gas sedangkan Banyu Urip adalah lapangan minyak sehingga diperkirakan akan memakai konsep dan teknolgi yang berbeda. (adi)

 

P

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category