Investment

Chandra Asri Akan Realisasikan Dana Investasi US$ 45 Juta

img title

Jakarta, PetroEnergy.id - Direktur Utama PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) Suryandi menyatakan bahwa pihaknya menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 70 juta pada tahun ini. Dana capex yang dianggarkan pada tahun ini lebih rendah dibanding tahun lalu yang mencapai US$ 200 juta.

Ia menjelaskan tingginya capex tahun lalu lantaran Perseroan baru saja menyelesaikan ekspansi Naptha Cracker. Alhasil, utilisasi pabrik menunjukkan peningkatan pasca ekspansi selesai di Desember 2015. Pabrik Cracker memiliki kapasitas baru 860 KTA (naik hingga 43%) dan secara bertahap beroperasi menuju kapasitas optimalnya.

"Ekspansi besar itu sudah kami lakukan tahun lalu. Sedangkan capex tahun ini hanya untuk mendukung operasional serta perawatan saja," ungkapnya dalam paparan publik Senin 6 Juni 2016.

Untuk dana capex tahun ini baru terpakai sekitar US$ 35 juta di triwulan I. Diperkirakan di triwulan II, dana capex yang akan terpakai lagi mencapai US$ 10 juta. "Saat ini kami sudah pakai dana capex US$ 35 juta, dan kami akan pakai lagi dana itu sekitar US$ 10 juta. Jadi, di triwulan II ini, dana capex yang terserap diperkirakan mencapai US$ 45 juta," tuturnya.

Dirinya mengaku, sumber pendanaan capex tahun ini seluruhnya berasal dari kas internal perusahaan atau tidak ada pinjaman perbankan. "Kas kami kuat, jadi seluruh dana dari kas internal Perseroan," tegasnya". Manajemen beserta pemegang saham memberikan apresiasi atas dedikasi dan sumbangsih yang telah diberikan Paramate Nisagornsen selama mengemban tugasi di Perseroan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Chandra Asri Petrochemical berhasil mencetak laba bersih sebesar US$ 35,4 juta di kuartal I 2016. Angka ini meningkat sangat signifikan sebesar 1.143% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya US$ 2,8 juta. Sementara, pendapatan naik tipis 0,3% dari US$ 357,9 juta menjadi US$ 358,9 juta di kuartal I 2016.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category