Investment

Cari Mitra Lokal Kembangkan Gasifikasi Batubara

img title

Jakarta, petroenergy.id - Perusahaan asal Jerman, PT Zemag Clean Energy Techology GmbH,  tengah mencari mitra bisnis lokal untuk proyek pengembangan gasifikasi batubara di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian,Achmad Sigit Dwiwahjono, yang menebar informasi itu akhir pekan lalu mengatakan perusahaan tersebut telah menyatakan minatnya berinvestasi di Indonesia.

Menurutnya, dibutuhkan investasi sekitar Rp13 triliun untuk menghasilkan 1.000 metrik ton turunan gasifikasi batubara. Kalimantan menjadi salah satu wilayah yang bisa digunakan untuk pengembangan pabrik gasifikasi batubara.

Mengutip hasil pengujian, Sigit menjelaskan kalau 100.000 ton batubara dapat diubah menjadi 3.600 million metric british thermal unit (MMBTU) gas per hari. Jika tidak digunakan, gas yang dihasilkan dapat dipakai untuk industri dalam negeri dengan harga US$4-US$ 5 per MMBTU.

Pemerintah RI akan mencarikan rekanan lokal untuk bekerja sama dengan Zemag dalam membangun industri gasifikasi batubara. Pasalnya, Indonesia adalah negara yang memiliki begitu  banyak cadangan batu bara kalori rendah (low rank coal). Untuk itu perlu dilakukan konversi agar menjadi gas sintetis, yang pada gilirannya  dapat dijadikan bahan baku pembuatan pupuk dan metanol. (san/*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category