Event

29 Tahun Reaktor Nuklir GA Siwabessy Di Serpong

img title


Serpong, PetroEnergy.id -- Tepat 29 tahun yang laiu di tanggal 20 Agustus 1987, Presiden RI, Soeharto, menekan tombol untuk menandai mulai beroperasinya reaktor nuklir di Kawasan Pusat Penelitlan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong. Reaktor ketiga yang dimiiiki indonesia ini memiliki kapasitas 30 megawatt (MW) dan menjadi reaktor riset terbesar di kawasan regional Asia Pasifik pada masanya .

Reaktor diberi nama Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy ini menghabiskan waktu pembangunan selama 5 tahun. Pemberian nama tersebut sebagai penghargaan kepada dr. GA. Siwabessy, ahli radiologi yang memiliki jasa besar dalam merintis pengembangan program nuklir di Indonesia. GA. Siwabessy adalah Direktur Jenderal Lembaga Tenaga Atom MA) pertama yang kemudian berkembang menjadi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Kepala Bidang Operasi Reaktor Pusat Reaktor Serba Guna-BATAN, Yusi Eko Yulianto  kepada PetroEnergy.id mengatakan, pembangunan konstruksi fisik reaktor riset RSG-GAS dimulai pada tahun 1982. Dengan menggunakan teknologi reaktor generasi ke - 2 yang saat itu merupakan generasi terbaru, teknologi ini sudah menekankan pada basis keselamatan.

"Konsep reaktor ini didesain dengan fasilitas pengoperasian dalam jangka panjang. Walaupun teknologi tahun 1980an, reaktor ini masih available untuk dioperasikan hingga sekarang. Konsep dasar struktur fisik dan sistemnya didesain untuk pengoperasian selama 100 tahun," jelas Yusi. 

Ketebalan struktur fisik beton bangunan gedung reaktor sekitar 1,2 meter. Reaktor ini juga dilengkapi dengan teknologi sistem struktur pendingin, serta fasilitas-fasilitas struktur lainnya sehingga keselamatan sangat terjamin untuk pengoperasian jangka panjang. “Pengoperasian reaktor ini sangat
didedikasikan pada konsep keselamatan itu sendiri dan keselamatan lingkungan. Selama beroperasi, kita juga menerapkan konsep-konsep pengoperasian yang selamat”, imbuhnya

"Jika anda berkunjung kesana akan terasa Reaktor tersebut terbangun kokoh dan aman. Jadi, tidak ada tanda-tanda menyeramkan seperti yang dibayangkan kebanyakan orang,melainkan sebuah tempat yang rapi, bersih dan sangat mengesankan kenyamanan sebuah tempat bekerja. Kolam reaktornya juga sangat bersih dan dioperasikan oleh putera-puteri terbaik Indonesia," ujar Yusi.

"Reaktor riset ini dibangun tentu bukan hanya pemikiran jangka pendek semata. Cita-cita untuk memiliki PLTN sudah terbayang jelas oleh founding father nuklir Indonesia, Prof. G.A Siwabessy," tandas Yusi.


Bergam Fungsi

Sementara itu dalam keterangan pers yang diterima PetroEnergy Hari Minggu 21 Agustus 2016, RSG-GAS adalah reaktor riset yang memiliki fungsi serbaguna, yaitu memproduksi radioisotop, penguraian bahan dan penelitian. Kemudian ada fungsi sebagai fasilitas pengujian bahan dimanfaatkan antara lain untuk menguji struktur Iogam dengan menggunakan pancaran radiasi neutron. Ada juga fungsi sebagai fasilitas peneltian sangat efektif digunakan untuk peningkatan penguasaan teknologi pengoperasian dan perawatan reaktor.

Selain itu. RSG-GAS di Kawasan Nuklir Serpong Juga dilengkapi dengan laboraborium penunjang untuk penguatan kapasitas dan kapabilitas sumberdaya manusia di bidang nuklir, diantaranya adalah instalasi produksi radioisotop, instalasi fabrikasi bahan bakar reaktor, instalasi limbah radioaktif dan instalasi keselamatan reaktor.

Seluruh instalasi tersebut secara bersinergi diperlukan dalam upaya penguatan industnalisasi nuklir, terutama untuk mendukung kemandirian daiam pernbangunan dan pengoperasian pembangkit iistrik tenaga nuklir (PLTN).

Instalasi produksi radioisotop dimanfaatkan untuk memproses radioisotop yang diproduksi oleh reaktor, dikemas dan kemudian dikirim pengguna. Instalasi bahan bakar reaktor telah memproduksi elemen bakar yang diperlukan dari RSG GAS. lnstalasi limbah radioaktif digunakan untuk mengolah dan menyimpan fimbah radioaktif yang dihasilkan dari reaktor dan limbah dari laboratorium lain, termasuk dari penghasil limbah diluar BATAN.

Sedangkan instalasi keselamatan reaktor digunakan untuk melakukan simulasi pengoperasian reaktor, termasuk uji coba operasi pada kondisi abnormal (penyimpangan). Dengan pengalaman yang dimilki oleh para ahli reaktor lndonesia dalam pengoperasian, pemanfaatan dan perawatan RSG-GAS, banyak negara lain yang kemudian mengirimkan sumber daya manusianya untuk belajar dan berlatih teatang teknologi pengoperasian, pemanfaatan dan perawatan reaktor di Serpong. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category