Event

Beban Puncak Listrik Jawa Bali Berkurang 20% Di Hari Raya Lebaran

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, minggu (3/7) melakukan peninjauan lapangan ke PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (P3B JB) atau biasa dikenal Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Gandul, Depok, Jawa Barat dan Gardu Induk Cawang, Jakarta.

"Kunjungan kali ini untuk memastikan keamanan pasokan dan infrastruktur listrik selama libur lebaran. Berdasarkan pengalaman, beban puncak pada hari raya Lebaran pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak saat hari kerja. Diperkirakan berkurang sekitar 10-20%, untuk Jawa Bali (berkurang) sekitar 30%, karena industri yang mengkonsumsi tenaga listrik yang sangat besar dan perkantoran berhenti beroperasi (libur)," ungkap Menteri ESDM dalam keterangan pers.

General Manager PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Eko Yudo Pramono menerangkan bahwa kemampuan sistem saat hari Raya Idul Fitri mencapai 32.228 mega watt (MW) dengan kemampuan daya pasok 22.946 MW. "Diperkirakan beban puncak saat Hari Raya Idul Fitri adalah 15.323 MW," ujar Eko.

Sementara itu, General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda kepada wartawan di kantornya, Jakarta (1/7)menyatakan, PLN Disjaya akan tetap menjaga kontinuitas pasokan daya listrik di wilayah Jakarta secara optimal. Terutama penyediaan listrik saat Ramadhan hingga ldul Fitri 1437 Hijriyah.

Ia menuturkan kelistrikan di Jakarta terbagi ke dalam 8 subsistem yang diperkuat dengan 55 buah gardu induk, 1.649 penyulang dan 13.043 gardu distribusi, yang diperkirakan mampu melayani 3,9 juta pelanggan.

“Perkiraaan beban puncak pada siang hari saat hari raya Idul Fitri yaitu 1.453 MW dan beban puncak pada malam hari 1.971 MW. Pasalnya, beban puncak selama Lebaran tersebut berbeda dengan beban puncak pada hari-hari biasa,” tukasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category