Energy

Kalau Memang PLN Dimandatkan Akuisisi, Jangan Tanggung-Tanggung

img title


Jakarta, PetroEnergy.id -- Aktivis dari Solidaritas untuk Pergerakan Aktivis Indonesia (Suropati), Aditya Iskandar menyatakan bahwa wacana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyuruh PLN (Persero) mengakuisisi PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) membingungkan dan tanggung.

"Kalau memang PLN diwacanakan mengakuisi berbagai perusahaan terkait listrik agar tarif lebih murah dan sebaginya, Menteri BUMN jangan buat kebijakan yang tanggung," kata dia dalam acara diskusi bertajuk "Penguatan Peran BUMN dalam Mengoptimalkan Energi Panas Bumi di Indonesia" di Jakarta, Rabu (31/8).

"Selain PLN akuisisi PGE, sekalian saja PLN juga dimandatkan mengakuisisi PT PGN (Perusahaan Gas Negara) demi menjadikan PLN bertanggung jawab dan menguasai dari hulu sampai hilir yang menyangkut listrik," tambahnya.

Kalau kebijakannya setengah-setengah seperti ini, lanjut dia, akhirnya membingungkan dan meresahkan semua pihak. "Jadi lebih baik kalau wacana Rini Soemarno membuat kebijakan jangan asal-asalan. Lebih baik wacana tersebut dibuat berdasarkan kajian akademik." tegasnya.

Sebab langkah ini seperti tidak relevan dengan core business PLN yang bergerak di bidang pembangkit, jaringan, dan distribusi listrik atau bagian hilir. 

Disisi lain ia mempertanyakan jika memang PLN dimandatkan akuisisi PGE maka dananya dari mana. Sebab PLN sendiri sekarang masih mengalami kerugian dan belum tentu pengajuan anggaran ini disetujui DPR.

"Saya khawatir nantinya malah akan meminjam ke BUMN lain atau bahkan kepada pihak asing. Kalau begini bisa bahaya jika asing makin merambah ke aset-aset Pertamina." ujarnya.

Hampir senanda, Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Yunus Saeful Hak, yang juga menjadi narasumber dalam diskusi mengatakan, bahwa menjadikan PLN sebagai buyer sekaligus player bisa menjadi resiko. Sebab core business Pertamina adalah eksplorasi yang biasa dengan risiko. "Sedangkan PLN lebih bermain di core bisnis hilir," tandas Yunus.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category